Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proyek jalan layang non-tol Kampung Melayu-Tanah Abang akan rampung Desember mendatang.

"Pertengahan Desember akan diuji coba, kalau enggak ada masalah akan terus dipakai," kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin.

"Yang jelas saat saat ini sudah tidak ada masalah, sudah nyambung tinggal cor pagar-pagarnya, tambah lampu jalan, tambah rambu-rambu lalu lintas," tambah dia.

Soal jenis kendaraan yang diperbolehkan melintasi jalan layang itu, Jokowi mengatakan, pemerintah provinsi masih perlu melakukan perhitungan teknis lebih lanjut.

Jalan layang non-tol Kampung Melayu-Tanah Abang seharusnya rampung tahun 2012 lalu namun hingga kini belum selesai.

Proyek pembangunan jalan raya itu terdiri atas tiga paket yakni paket pembangunan jalan Casablanca, paket pembangunan jalan Prof Dr Satrio, dan paket pembangunan jalan Mas Mansyur.

Saat ini pembangunan jalan yang belum selesai adalah pembangunan jalan dalam paket Mas Mansyur yang melintasi Hotel Le Meridien.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan, pembangunan jalan itu belum selesai karena tingkat kesulitannya tinggi, seperti kondisi jalan yang terlalu kecil untuk lalu lintas alat-alat berat yang digunakan dalam pembangunan jalan.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013