Ambon (ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) mengguncang Amahai, Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis siang, pukul 12.52 WIT.

Data yang diperoleh Antara dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika( BMKG), menyebutkan episentrum gempa berada pada 3.25 Lintang Selatan dan 129.04 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Lokasi gempa di darat berada pada posisi 16,4 KM Timur Laut Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Gempa yang mengguncang Amahai yang letaknya tidak jauh dari Masohi, ibu kota Kabupaten Maluku Tengah itu membuat warga panik dan berlarian keluar rumah.

Apalagi, sepekan terakhir ini masyarakat di pulau Ambon, pulau Seram, pulau Haruku, pulau Saparua dan pulau usalaut, dibuat panik dengan isu gempa maupun gelombang pasang (tsunami) besar.

Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik, sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.(*)

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013