Selain melakukan antisipasi dengan memberikan imbauan, kami juga siap melakukan pencarian apabila ada pengunjung yang terbawa arus,"
Tasikmalaya (ANTARA News) - Anggota Forum Relawan Bencana Tasikmalaya (FRBT) disiagakan mengamankan dan memberikan pertolongan jika terjadi kecelakaan laut menimpa pengunjung objek wisata laut selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada libur tahun baru dan sekolah.

"Kami dari FRBT sudah melakukan persiapan dan antisipasi untuk membantu dan memberikan pertolongan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan menimpa masyarakat," kata Ketua FRBT Gunawan Yudoharto di Tasikmalaya, Selasa.

Ia menuturkan anggota FRBT disiagakan sebanyak 10 orang dari Divisi Laut yang merupakan kalangan nelayan berikut disiagakan perahu dan pelampung.

Anggota tersebut, lanjut dia, ditugaskan memberikan imbauan kepada pengunjung objek wisata pantai agar selalu waspada dan tidak melakukan aktivitas berenang ketika gelombang laut besar.

"Selain melakukan antisipasi dengan memberikan imbauan, kami juga siap melakukan pencarian apabila ada pengunjung yang terbawa arus," katanya.

Menurut dia, kondisi gelombang laut Tasikmalaya tidak menentu, sehingga pengunjung harus selalu waspada ketika melakukan aktivitas di pantai.

Selain itu, ia mengimbau masyarakat atau wisatawan agar selalu menaati aturan dan rambu-rambu bahaya yang sudah dipasang sepanjang pantai selatan Tasikmalaya.

"Arus air laut itu tidak menentu, makanya harus waspada, taati rambu-rambu seperti jangan berenang ketika ombak besar," katanya.

(KR-FPM/I007)

Pewarta: Feri P
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013