Penangkapan kedua wanita itu dilakukan berkat informasi intelijen dan bukan sebagai tanggapan atas ancaman risiko mendesak."
London (ANTARA News) - Polisi Inggris hari Kamis menangkap dua wanita atas tuduhan pelanggaran teror, termasuk satu orang yang akan naik pesawat tujuan Istanbul, demikian diumumkan Scotland Yard.

Polisi anti-teror menangkap dua wanita yang berusia 26 dan 27 tahun "atas tuduhan terlibat dalam pelaksanaan, persiapan dan dorongan aksi terorisme", kata markas kepolisian London itu.

Seorang juru bicara Scotland Yard tidak bersedia berkomentar mengenai apakah penangkapan itu berkaitan dengan gerilyawan asing yang berperang di Suriah, menyeberangi perbatasan dari Turki.

Aparat yang bertindak setelah memperoleh informasi intelijen menghadang wanita berusia 26 tahun itu di Terminal 5 Bandara Heathrow London ketika ia bersiap-siap naik pesawat tujuan Istanbul, kata kantor polisi itu dalam sebuah pernyataan.

Sejumlah besar uang kontan juga disita darinya, kata polisi.

Wanita berusia 27 tahun ditangkap beberapa jam kemudian di sebuah rumah di London baratlaut.

Kedua wanita itu kini dalam penahanan dan polisi memeriksa dua rumah di London.

"Penangkapan kedua wanita itu dilakukan berkat informasi intelijen dan bukan sebagai tanggapan atas ancaman risiko mendesak," kata pernyataan polisi itu.

Kepolisian Inggris menangkap sejumlah orang berdasarkan undang-undang anti-teror dalam beberapa bulan ini atas tuduhan akan pergi ke Suriah untuk berperang membela kelompok militan garis keras.

Dua orang yang ditangkap Senin di Heathrow atas tuduhan pelanggaran teror setelah tiba dengan pesawat dari Istanbul hingga kini masih ditahan.


Penerjemah: Memet Suratmadi

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014