Pekalongan (ANTARA News) - Jalur pendakian Gunung Slamet di perbatasan Kabupaten Tegal dan Pemalang, Jawa Tengah, ditutup sementara karena cuaca buruk.

Petugas Pendakian Jalur Bambangan Pemalang, Sugeng Riyadi, di Pekalongan Sabtu mengatakan bahwa penutupan jalur pendakian Gunung Slamet itu diberlakukan sejak awal Februari 2014 karena cuaca buruk.

"Saat ini jalur pendakian ke Gunung Slamet ditutup sementara dan rencananya dibuka kembali awal Maret mendatang," katanya.

"Memang banyak pendaki dari luar daerah yang kecewa karena sebelumnya tidak mengetahui bahwa jalur pendakian ke Gunung Slamet ditutup," katanya.

Petugas pun memperketat pengawasan di pos-pos pendakian untuk mencegah para pendaki yang nekad memaksa mendaki.

Berkaitan dengan meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur pada Kamis malam (13/2), kata dia, tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Slamet.

"Kami telah berkoordinasi dengan vulkanologi Gunung Slamet di Pos Pengamatan Gambuhan dan diketahui jika status Gunung Slamet saat ini dalam status masih aman dan normal," katanya.

Menurut dia, dampak dari letusan Gunung Kelud yang dirasakan warga setempat hanya guyuran abu vulkanik saja dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014