Tidak ada sama sekali. Aman."
Medan (ANTARA News) - PT Angkasa Pura 2 memastikan tidak ada pesawat yang jatuh di Sumatera Utara, baik pesawat komersil yang membawa penumpang mau pun helikopter.

"Tidak ada sama sekali. Aman," kata General Manager Airnav Bandara Kualanamu Susanto yang dihubungi ANTARA News di Medan, Rabu.

Ia mengemukakan hal tersebut berkaitan dengan tersebarnya informasi di beberapa media sosial bahwa ada satu pesawat komersil yang jatuh di Kabupaten Simalungun.

Menurut Susanto, pihaknya telah menghubungi bandara yang memiliki penerbangan langsung ke Bandara Kualanamu, mulai dari Aceh, Sumatera Barat, Riau, hingga Jakarta.

Dari koordinasi yang dilakukan, ia menegaskan, tidak ditemukan adanya pesawat yang jatuh atau kehilangan kontak.

"Dari Kualanamu ke sana, atau dari sana ke mari, tidak ada," katanya.

Mungkin, dikemukakannya, informasi tersebut muncul karena adanya gangguan kecil dari penerbangan pesawat Wing Air dari Kepulauan Nias ke Bandara Kualanamu.

Pesawat itu bermasalah dalam dokumentasi penerbangannya, sehingga rencana keberangkatan pesawat  ditunda, dan kembali ke avron (return to avron/RTA).

Setelah gangguan yang ada dapat diselesaikan, ia mengemukakan, pesawat berhasil terbang dan mendarat di Bandara Kualanamu, meski jadwal ditunda dari rencana semula pada pagi hari.

"Pesawatnya sudah mendarat pukul 12.59 WIB tadi," demikian Susanto (*)

Pewarta: Oleh Irwan Arfa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014