Bintan (ANTARA News) - Sebanyak 1.300 peserta berlomba dalam ajang wisata olah raga tahunan Bintan Triathlon di Nirwana Gardens Resort, Kawasan Wisata Terpadu Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau pada Sabtu hingga Minggu.

"Peserta yang ambil bagian dalam olah raga ketahanan fisik itu berasal dari 41 negara," kata Bupati Bintan Ansar Ahmad, Minggu.

Ansar mengatakan jumlah peserta terus meningkat sejak pertama kali Bintan Triathlon dilaksanakan pada 2005.

"Pesertanya terus meningkat, dari 2005 sebanyak 500 peserta lebih, sekarang sudah menjadi 1.300 peserta," katanya.

Selain peserta dari berbagai negara meningkat, atlet dalam negeri yang menjadi peserta pada 2014 juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi, yaitu mencapai 25 persen dari 1.300 peserta.

"Kami berharap Bintan Triathlon menjadi agenda wisata nasional maupun menjadi kegiatan olah raga internasional tahunan," kata Ansar.

Bintan Triathlon juga diikuti sejumlah atlet kelas dunia seperti Chris McComarck atau Macca yang sudah lebih dari 200 kali menang dalam berbagai pertandingan internsional termasuk dua kali juara Ironman World Champion.

Atlet Indonesia, Andy Wibowo yang menjadi juara pada 2013 juga ikut meramaikan ajang ini. Juara Bintan Triathlon 2010 dan 2012, Assad Attamimi serta James Middledetich juga tampak di antara peserta tahun ini.

Di kategori wanita terdapat nama Kathryn Haesner juara Singapura Metasprint Series dan sejumlah nama lainnya yang sudah menjadi juara pada perlombaan triathlon internasional.

Bintan Triathlon memperlombakan tiga kelas, yaitu kelas Sprint Distance, Olympic Distance, anak-anak dan tim.

Pewarta: Henky Mohari
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014