Ini adalah upaya kami untuk berkontribusi bagi bulu tangkis Indonesia...
Jakarta (ANTARA News) - Kejuaraan bulu tangkis Coca-Cola Astec Indonesia International Challenge dan Astec Open X 2014 kembali digelar di Jakarta pada 12-20 Agustus mendatang.

Astec Indonesia International Challenge (AIIC) merupakan turnamen kedua yang diselenggarakan Astec, produsen perlengkapan olahraga bulu tangkis yang digagas pasangan legendaris Alan Budikusuma dan Susi Susanti, dengan dukungan PB PBSI. Sementara Astec Open (AO) X 2014 merupakan edisi kesepuluh sejak diselenggarakan 2005 lalu.

"Tahun ini, ada dua turnamen yaitu International Challenge untuk senior dan Astec Open untuk kelompok umur dari anak-anak, taruna serta veteran," kata Susi Susanti dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Susi, turnamen AIIC diharapkan mampu memacu semangat atlet muda Indonesia untuk bersaing dengan pebulu tangkis asing dari 17 negara seperti Australia, Belgia, Brunei Darussalam, Bulgaria, Taiwan, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Amerika Serikat.

Sementara ajang AO diharapkan bisa menjaring bibit unggul untuk ajang nasional dan internasional.

"Ini adalah upaya kami untuk berkontribusi bagi bulu tangkis Indonesia karena ada banyak bibit unggul bulu tangkis di Indonesia," timpal Alan Budikusuma.

Coca-Cola Astec Indonesia International Challenge dan Astec Open X 2014 akan digelar di GOR Asia Afrika, Jakarta pada 12-20 Agustus mendatang. Kejuaraan kategori dewasa akan memperebutkan hadiah total senilai 20.000 dolar AS, sedangkan kategori kelompok umur akan memperebutkan hadiah senilai Rp100 juta.

Kejuaraan itu mempertandingkan lima nomor perorangan dengan total 473 pertandingan.

Ketua Panitia Pelaksana Mimi Irawan mengatakan masyarakat bisa menyaksikan turnamen tersebut tanpa dipungut bayaran.

"Tapi karena tempat duduk terbatas, diharapkan penonton bisa hadir lebih awal," ujarnya. 

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014