Ini merupakan ajang kreativitas bagi siswa-siswi
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Expo Madrasah ketiga di Makasar.

Peserta KSM Tingkat Nasional adalah juara I perwakilan tiap provinsi per mata pelajaran yang dilombakan. Untuk sampai ke Tingkat Nasional, siswa madrasah itu harus lolos dari Kompetisi Tingkat Madrasah, Kompetisi Tingkat Kabupaten/Kota, dan Kompetisi Tingkat Provinsi.

Mata pelajaran yang dilombakan dalam KSM, yakni tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) meliputi Matematika dan IPA; tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) meliputi Matematika, Biologi, dan Fisika; serta tingkat Madrasah Aliyah (MA) terdiri atas Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

"Ini merupakan ajang kreativitas bagi siswa-siswi. KSM juga dijadikan ukuran untuk menunjukkan pada tingkat nasional dan internasional bahwa madrasah ini juga bisa," kata Direktur Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag  M. Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Rabu.

KSM Tingkat Nasional ketiga di Makasar ini akan diikuti sekitar 363 siswa dan siswi madrasah tingkat MI, Mts, dan MA.

Peserta itu akan merebutkan 198 medali untuk 11 lomba mata pelajaran. Setiap lomba disediakan tiga medali emas, enam medali perak, dan sembilan medali perunggu.

Selain medali, panitia juga memberikan hadiah uang untuk pemenang medali emas sebesar Rp15 juta, perak Rp10 juta, dan perunggu Rp8 juta.

KSM untuk pertama kalinya digelar di Kota Bandung tahun 2012 sementara yang kedua diselenggarakan di Malang Jawa Timur, sedangkan yang ketiga diadakan di Kota Makasar Sulawesi Selatan pada 25-29 Agustus 2014.

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014