Karawang (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan "meminjam" salah satu ruangan di Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, untuk memeriksa sejumlah orang dekat Bupati Karawang Ade Swara terkait dengan kasus dugaan korupsi yang melibatkan bupati.

Kapolres AKBP Daddy Hartadi melalui Kepala Bagian Humas Polres Karawang AKP Marjani, Kamis, mengatakan, tim penyidik KPK hanya meminjam tempat untuk melakukan pemeriksaan sejumlah orang yang diketahui dekat dengan bupati.

Pemeriksaan dilakukan dengan meminjam tempat Polres Karawang, karena yang diperiksa itu dari kalangan sipil biasa dan jumlah orang yang diperiksa itu cukup banyak.

Penyidik KPK yang datang ke Karawang itu dibagi dalam tiga tim. Pemeriksaan dilakukan sejak pagi sampai sore pada Rabu (15/10). Sedangkan pemeriksaan yang dilakukan pada Kamis ini hanya digelar sejak pagi hingga siang.

"Tempat pemeriksaannya digelar di aula Satreskrim Polres Karawang, dan rencananya akan digelar selama tiga hari sejak Rabu (15/10)," katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Karawang, Teddy Rusfendy Sutisna membenarkan terkait adanya pemeriksaan yang dilakukan tim penyidik KPK di Karawang.

Tetapi diakuinya, pemeriksaan tersebut bukan kepada pejabat atau pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Karawang, melainkan masyarakat biasa yang ada kaitannya dengan pengembangan pemeriksaan bupati.

Bupati Karawang Ade Swara beserta isterinya Nurlatifah ditangkap KPK terkait dengan kasus dugaan tindak pidana pemerasan dan pencucian uang.

(KR-MAK/E001)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014