Jakarta (ANTARA News) - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT PLN Batam menjalin kerja sama pemanfaatan dan penyediaan gas bumi untuk mendukung upaya pemerintah dalam percepatan konversi BBM ke BBG untuk pembangkit listrik PLN Batam.

Siaran pers PGN di Jakarta, Rabu menyebutkan, penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan di Kantor PLN Batam antara Direktur Pengusahaan PGN Jobi Triananda Hasjim dan Direktur Utama Bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura.

Direktur Pengusahaan PGN, Jobi Triananda Hasjim mengatakan sebagai BUMN yang memiliki tugas untuk menyalurkan gas bumi, PGN berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

"PGN bersama-sama dengan PLN Batam akan terus mendukung upaya pemerintah dalam percepatan konversi BBM ke BBG untuk pembangkit listrik PLN Batam ini," ujar Jobi.

Berdasarkan kerjasama tersebut, PGN menyediakan kebutuhan gas bumi bagi pembangkit listrik PLN Batam.

Selain itu PGN juga membangun, mengembangkan infrastruktur gas bumi dan fasilitas pendukungnya untuk menyalurkan gas bumi ke pembangkit PLN Batam.

"Kami juga bekerjasama dalam bidang yang lebih luas yang terkait dengan kegiatan usaha dari anak usaha dan atau afiliasi dari kedua pihak," kata Jobi.

Hingga kini PGN sudah membangun 6.000 kilometer pipa transmisi dan distribusi, yang menyalurkan gas bumi untuk memenuhi kebutuhan domestik setara dengan 23 juta liter per hari.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014