Padang Panjang (ANTARA News) - Sebanyak 300 siswa penghafal Alquran akan memeriahkan Pembukaan MTQ Nasional ke-36 tingkat Kota Padang Panjang yang akan berlangsung di Lapangan Anas Karim setempat, Kamis (5/3).

"Anak-anak penghafal Al Quran itu berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Padang Panjang. Kebanyakan mereka penghafal Juz 30 atau yang disebut juz ama," kata Walikota Padang Panjang H.Hendri Arnis, melalui Kabag Humas Ampera Salim di Padang Panjang, Selasa.

Dia mengatakan, siswa penghafal Al Quran tersebut merupakan satu dari sekian banyak yang memeriahkan MTQ Nasional tingkat Padang Panjang kali ini.

"Selain penghafal Al Quran, masih ada bentuk kegiatan lain yang memeriahkan MTQ, namun khusus untuk juz ama biasanya akan menarik perhatian penonton, karena memiliki peserta sebanyak 300 orang," katanya.

MTQ ini, katanya, akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Dalam acara ini juga akan diadakan pawai dari peserta khafilah bersama drum band dan group rebana yang ada di Padang Panjang. Pokoknya acara ini terlihat meriah.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Kota Padang Panjang Eri menyebutkan, MTQ Nasional tingkat Kota Padang Panjang ini berlangsung dari 5 sampai 7 Maret.

"Selama MTQ berlangsung seluruh PNS daerah ini dianjurkan memakai pakaian muslim bagi perempuan dan memakai baju koko berserta peci bagi laki laki," katanya.

Kepada masyarakat juga dihimbau untuk memeriahkan helat pengajian di kota sejuk itu. Terutama mendatangi Mimbar Utama di Lapangan Anas Karim, serta di masjid-masjid yang dipakai untuk lomba seperti, Masjid Raya Jihad, Masjid Zuama Jembatan Besi, Masjid Agung Ashliyah, Masjid Usuluddin.

"Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga perhelatan MTQ tahun ini bisa berlangsung lancar aman dan tertib serta menghasilkan apa yang diharapkan," tambahnya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015