Jakarta (ANTARA News) - Instagram menciptakan layout baru untuk aplikasinya di iOS (Android segera menyusul) yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa fotonya menjadi satu atau sering disebut dengan kolase foto (photo collage) yang kemudian dapat langsung dibagikan ke Instagram atau Facebook.

Kolase foto sudah menjadi pemandangan umum di jejaring sosial berbasis foto tersebut, namun sebelumnya pengguna harus menggunakan aplikasi di luar Instagram seperti Diptic atau Photo Grid untuk membuat kolase foto.

Saat ini Instagram berharap untuk dapat keluar dari aplikasi-aplikasi tersebut dengan menciptakan layoutnya sendiri. Aplikasi ini memiliki desain apik diantaranya tidak menciptakan batas apapun antara foto, seperti aplikasi kolase lain lakukan, dan kontrol sederhana.

Aplikasi ini juga menyajikan foto dalam tiga layout, pengguna dapat melihat semua foto dalam kategori "All", foto wajah dalam "Faces" dan foto-foto terbaru di kategori "Recents".

Pengguna dapat memilih sembilan foto untuk dijadikan kolase, kemudian aplikasi akan secara otomatis memasukan ke dalam 10 pilihan kolase yang telah tersedia. Dari sana, pengguna dapat memilih tata letak yang diinginkan dan dapat mengubah tata letak foto.

Pengguna juga dapat mengubah foto secara horizontal atau membuat kesan "mirror" untuk menciptakan efek yang berbeda. Pengguna selanjutnya dapat menyimpan hasil kreasi foto mereka ke dalam ponsel atau membagikannya, demikian seperti dilansir Cnet.


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015