... bupati langsung terjun ke laut...
Ternate, Maluku Utara (ANTARA News) - Bupati Halmahera Selatan, Muhammad Kasuba, Rabu siang (8/5), kemarin nyaris terbakar, setelah perahu cepat yang dia tumpangi terbalik usai melakukan kunjungan kerja di Desa Doko, Pulau Kasiruta, Maluku Utara.

Kabag Humas Protokoler Halmahera Utara, Daud Djubedy, ketika dihubungi dari Ternate, Kamis, membenarkan insiden yang hampir menjadikan bossnya sebagai korban itu.

"Bapak bupati langsung terjun ke laut dan dievakuasi warga menggunakan speed boat ke Doko," ujarnya.

Menurut dia, sejumlah saksi mata menyatakan sumber api berasal dari salah satu mesin perahu cepat yang mengeluarkan percikan api saat dihidupkan dan menyambar bensin.

Dari kejadian itu, salah seorang anak buah kapal speed boat bernama Lukman dilarikan ke RSUD Labuha dan mendapat perawatan intensif.

Saat ini, Kasuba sudah kembali ke Labuha, sedangkan perahu cepat yang terbakar sudah ditarik ke tepi pantai Doko.

Kronologis peristiwa, Kasuba hendak ke Ternate usai menghadiri acara lomba desa oleh PKK Maluku Utara yang dipusatkan di Desa Doko Kasiruta Barat, mengunakan kapal cepat dinas.

Namun perahu cepat yang baru keluar sekitar 10 meter dari pelabuhan Doko itu tiba-tiba terbakar di bagian belakang sehingga membuat panik para penumpangnya.

"Karena belum jauh dari pelabuhan Doko, dan melihat ada kebakaran, maka speed boat lain yang berada di pelabuhan Doko langsung membantu dan mengevakuasi bapak," kata Djubedy.

Desa Doko yang merupakan salah satu tempat penghasil batu bacan tersebut menjadi pusat kegiatan baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, karena tempat tersebut memiliki banyak objek wisata menarik.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015