Jakarta (ANTARA News) - Commonwealth Bank Indonesia meluncurkan aplikasi WISE (Women Investment Series) yang bertujuan membantu perempuan mengelola keuangan pribadi juga menjadi sarana berdiskusi masalaha pengelolaan uang dan topik-topik lainnya.

Aplikasi yang dapat diunduh di Google Pay dan AppStore itu menyediakan informasi literasi keuangan melalui kiat-kiat serta forum diskusi. Ada tujuh topik dalam forum diskusi yang dapat diakses pengguna, yaitu fashion dan kecantikan, kehidupan sehari-hari, finansial, rekreasi, kontes, dan forum umum. 

“Kita semua tentu memahami pentingnya literasi keuangan sebagai kunci untuk meningkatkan kesejahteraan finansial. Kami memberikan dukungan sepenuhnya untuk gerakan WISE sebagai bagian dari komitmen kami untuk turut berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan finansial komunitas di manapun kami berada.” kata Tony Costa, Presiden Direktur Commonwealth Bank Indonesia, dalam siaran pers, Minggu.

Literasi keuangan merupakan hal penting bagi perempuan karena mereka memegang peranan besar dalam mengambil keputusan di keuangan bisnis dan keluarga.  

Menurut data Bank Dunia, perempuan menguasai 30-37 persen dari total kepemilikan Usaha KecilMenengah (8-10 juta perusahaan dimiliki oleh perempuan) di negara berkembang, termasuk Indonesia. 

Meski demikian, survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan tingkat literasi keuangan perempuan Indonesia baru mencapai 18,84 persen.

Gerakan literasi keuangan untuk perempuan ini telah berlangsung sejak 2014. Melalui Komunitas WISE, para perempuan Indonesia dapat bertukar pendapat dan pengetahuan mengenai bisnis, keuangan, hingga keluarga.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015