Jakarta (ANTARA News) - Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Yasuo Fukuda memimpin rombongan pengusaha dari negeri sakura untuk berkunjung ke Indonesia sekaligus menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mantan PM Jepang Yasuo Fukuda yang juga Presiden Asosiasi Jepang Indonesia diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu.

Ia berkunjung bersama para eksekutif perusahaan ternama penggerak dunia bisnis Jepang dari 26--28 Mei 2015.

Selama kunjungan itu, selain bertemu dengan Presiden, Wapres, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, dan Mendag Rahmat Gobel, Mantan PM Fukuda juga akan bertukar pendapat dengan Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang.

Direktur Penerangan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang Kenichi Takeyama dalam keterangan tertulisnya menyebutkan dalam pertemuan itu direncanakan sejumlah pembicaraan.

"Di antaranya menyelenggarakan tukar pendapat tentang perluasan investasi Jepang ke Indonesia yang berorientasi ekspor, kerja sama pembangunan infrastruktur, kerja sama di bidang pengembangan SDM, mempererat budaya dan pertukaran antar masyarakat, dan lain-lain," katanya.

Melalui kunjungan itu, Jepang berupaya mempromosikan hubungan ekonomi Jepang dan Indonesia, pertukaran budaya dan pertukaran masyarakat kedua negara ke level yang lebih tinggi.

Menurut Takeyama, Jepang juga berharap hubungannya dengan Indonesia tidak hanya sekadar mitra strategis namun juga dikembangkan sebagai hubungan yang saling peduli.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015