Kelima SMP tersebut tidak perlu menggelar ujian tulis karena jumlah pendaftarnya tidak melebihi jumlah pagu, sehingga siswa langsung diterima di sekolah setempat,"
Jember (ANTARA News) - Sebanyak lima sekolah menengah pertama (SMP) negeri di wilayah perkotaan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kekurangan siswa dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP di kabupaten setempat.

"Ada lima SMP negeri yang kekurangan siswa dari jumlah pagu yang ditentukan, yakni SMP Negeri 5 Jember, SMP Negeri 8, SMP Negeri 9, SMP Negeri 13, dan SMP Negeri 14 Jember," kata Kepala Bidang Pendidikan SMP, SMA, dan SMK Dinas Pendidikan Jember, Tatang Priyanggono, di Jember, Sabtu.

Jumlah pendaftar di SMP Negeri 5 Jember sebanyak 213 siswa, sedangkan pagu sekolah tersebut sebanyak 252 siswa. Di SMP Negeri 8 Jember tercatat pagunya sebanyak 223 siswa, namun jumlah pendaftar hanya 170 siswa.

Sementara pendaftar di SMP Negeri 9 Jember sebanyak 140 siswa, sedangkan pagunya sebanyak 216 siswa, SMP Negeri 13 pendaftarnya sebanyak 102 siswa dan pagunya sebanyak 144 siswa, serta SMP Negeri 14 kekurangan siswa terbanyak, yakni 104 siswa karena pendaftarnya hanya 76 siswa, sedangkan pagu sebanyak 180 siswa.

"Kelima SMP tersebut tidak perlu menggelar ujian tulis karena jumlah pendaftarnya tidak melebihi jumlah pagu, sehingga siswa langsung diterima di sekolah setempat," tuturnya.

Tatang menjelaskan sekolah yang kekurangan siswa bisa membuka pendaftaran siswa lagi setelah ujian tulis yang digelar secara serentak pada 30 Juni 2015.

"Bukan berarti kesempatan sekolah yang kekurangan pagu untuk mendapatkan siswa sudah tertutup, sebab kemungkinan ada tambahan limpahan siswa yang mendaftar dari sekolah lain. Mereka bisa membuka pendaftaran siswa hingga memenuhi pagu," paparnya.

Sementara sejumlah sekolah favorit seperti SMP Negeri 1 Jember tercatat jumlah pendaftar sebanyak 501 siswa, sedangkan pagu sekolah setempat sebanyak 224 siswa.

Data Dinas Pendidikan Jember mencatat jumlah pendaftar SMP terbanyak justru berada di kawasan pinggiran yakni SMP Negeri 1 Kecamatan Ambulu dengan jumlah pendaftar sebanyak 561 siswa dengan jumlah pagu sebanyak 284 siswa.

Kemudian diikuti SMP Negeri 1 Kecamatan Wuluhan sebanyak 541 pendaftar dengan jumlah pagu sebanyak 288 siswa, dan peringkat ketiga yakni SMP Negeri 1 Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015