Jakarta (ANTARA News) - Relawan Merah Putih (RMP) mememberikan bantuan berupa paket sembako kepada warga Kampung Pulo yang direlokasi dan kini menempati Rumah Susun (Rusun) Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa.

RMP yang merupakan Ormas relawan pendukung Jokowi-JK dalam Pilpres 2014, membagikan 1.000 paket sembako kepada warga Kampung Pulo Jatinegara, Jakarta Timur. Paket sembako itu terdiri dari 2 kg beras, 1 kg minyak goreng, 1 kg gula pasir, lima bungkus mie instan dan satu bungkus biskuit.

Sementara itu, ada 520 KK yang sudah menempati Rusun ini.  Polda Metro Jaya juga memberikan bantuan 6.000 paket sembako kepada warga tersebut.

Ketua Umum RMP, Maruarar Sirait dalam keterangan persnya, mengatakan bahwa pihaknya sudah bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama. Kedatangannya bersama rombongan ke Rusun, selain berbagi pada sesama, juga ingin mengecek langsung kondisi rusun.

"Saya ingin cek, benar gak ada solusi bagi warga yang direlokasi. Benar gak tempatnya layak dan nyaman," ungkap Maruarar Siarit, yang didampingi Kapolda Metro Jaya Tito Karnavian dan Wakil Walikota Jakarta Timur Hussein, yang juga disambut dengan hangat dan gembira oleh warga yang duduk rapi di lantai dasar rusun itu.

Maruarar tampak dengan penuh persahabatan berkomunikasi langsung dengan warga dan menanyakan kenyamanan warga dan kondisi di lapangan. Dengan kompak, ratusan warga itu menjawab bahwa kondisi di Rusun ini aman, nyaman, dan bersih.

Maruarar memanggil salah seorang warga. Ny Eti namanya yang sudah tinggal di bantaran kali Ciliwung sejak 52 tahun lalu, atau tepatnya ketika dia baru lahir. Kini, Ny Eti tinggal di Lantai 4, Tower D. Warga perempuan itu pun dengan senyum ramah dan gembira, bahwa hidup di Rusun lebih aman, nyaman dan sehat.

Pada kesempatan itu Maruarar dan Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian beserta rombongan langsung menuju ke lantai 4 untuk mamastikan kondisi yang disampaikan tadi. Beberapa kamar pun dimasuki dan berdialog dengan warga di ruangan, juga tak lupa dites kondisi air. Airnya cukup bersih.

Seusai meninjau langsung, Maruarar memastikan bahwa kebijakan Gubernur DKI itu pantas didukung. Sebab faktanya, Pemprov DKI benar-benar memberikan solusi, dengan infrastuktur yang memadai."Kalau kebijakan bagus, kita harus jujur bilang bagus. Kita dukung Pak Ahok," ujar Ara, demikian ia disapa.

"Di saat yang sama, warga juga harus ikut berpartisipasi dalam mendukung kebijakan pemerintah yang benar-benar pro-rakyat.  Program pemerintah yang bagus, serta kepedulian warga menjadi pilar demokratisasi menuju kesejahteraan," demikian Maruarar Sirait.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015