Yogyakarta (ANTARA News) - MPR RI menyelenggarakan "training of trainers" (TOT) Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada para dosen perguruan tinggi keagamaan Islam swasta di Yogyakarta pada 17-21 September 2015.

"Materi TOT akan diberikan oleh anggota MPR RI sebanyak 15 orang yang diharapkan menjadi penyegaran dan penambahan wawasan kepada peserta," kata Kepala Biro Persidangan MPR RI Muhammad Rizal ketika membuka TOT di Yogyakarta, Kamis malam.

TOT Empat Pilar MPR RI ini diikuti 100 dosen perguruan tinggi keagamaan Islam swasta di wilayah Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) III DI Yogyakarta.

Hadir pada pembukaan TOT tersebut antara lain Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta Sulistiyo, Sekretaris Kopertais III DI Yogyakarta Alwan Choiri, dan Pembantu Rektor II Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Waryono.

Menurut Muhammad Rizal, TOT Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan para dosen dan dapat menularkannya kepada mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, Rizal juga membacakan sambutan dari pimpinan MPR RI yang berhalangan hadir.

Menurut Rizal, para pendiri bangsa Indonesia telah menggali dan mengamanahkan nilai-nilai luhur bangsa dari bumi Indonesia dengan niat luhur dan cita-cita mulia untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Pendiri bangsa Indonesia, kata dia, memiliki cita-cita yang tercantum dalam pembukaan UUD NRI 1945, salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Cita-cita ini memiliki makna sangat penting dan strategis untuk pembangunan bangsa ke depan.

"Melalui pendidikan kita dapat membangun manusia Indonesia yang berkualitas, maju, dan ungggul, serta berdaya saing tinggi, sebagai modal utama pembangunan bangsa," katanya.

Karena itu, kata dia, pendidikan harus dilakukan secara terus-menerus kepada seluruh komponen bangsa, termauk para dosen yang membimbing mahasiswanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015