....Ia tidak dapat menangani kekisruhan yang terjadi di tubuh partai, bahkan menjadi memicu kekisruhan itu sendiri."
Padang (ANTARA News) - Delapan Pimpinan Anak Cabang Partai Gerindra Kota Padang, Sumatera Barat, melayangkan mosi tidak percaya pada Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerindra setempat, Afrizal Bac dan menuntut agar dicopot dari jabatannya.

"Mosi tidak percaya pada Ketua DPC Gerindra Padang ini disebabkan berbagai persoalan internal partai yang tidak pernah dapat diselesaikan dan kami puluhan orang yang tergabung dalam delapan PAC menuntut agar Afrizal dicopot dari jabatannya," kata koordinator aksi sekaligus Ketua PAC Koto Tangah, Jack Chadir saat aksi demonstrasi di kantor DPC Gerindra di Jalan Koto Marapak, Purus, Selasa.

Ia mengatakan delapan PAC yang melakukan tuntutan tersebut meliputi PAC Gerindra Koto Tangah, Bungus Teluk Kabung, Kuranji, Padang Barat, Pauh, Padang Utara, Padang Selatan dan Lubuk Kilangan.

"Kami meminta Afrizal untuk mundur dan DPD Gerindra Sumbar mencopot dan mengganti jabatan ketua DAC tersebut karena tidak ada satupun kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Gerindra sebagai partai pemenang. Ia tidak dapat menangani kekisruhan yang terjadi di tubuh partai, bahkan menjadi memicu kekisruhan itu sendiri," katanya.

Afrizal dituding tidak mampu membangun partai dan menjalankan organisasi tersebut dengan baik karena terdapat persoalan di antaranya terkait keuangan partai yang tidak transparan, terjadi pemecatan pengurus partai yang tidak sejalan dengannya, tidak ada surat menyurat dan tidak mengacu pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai.

Aksi demontrasi itu, para kader Gerindra yang tergabung dalam delapan PAC membawa spanduk bertuliskan mosi tidak percaya pada Afrizal dan beberapa kertas karton bertuliskan di antaranya Harga mati ganti Afrizal dari ketua DPC Gerindra, Afrizal, jangan kami dikotak-kotakan dalam menjalankan kepangurusan DPC Gerindra Padang, Tidak ada kata damai Afrizal, Ketua membiarkan kisruh DPC Gerindra dan sebagainya.

Ketua PAC Gerindra daerah Kuranji Dermansah mengatakan, kisruh dan persoalan internal partai itu merupakan tanggungjawab ketua namun tidak dapat diselesaikan, bahkan Afrizal memecat kader-kader dalam kepengurusan yang dianggap tidak sejalan dengannya.

Sementara Sekretaris PAC Gerindra Padang Barat Hanif Bakri mengatakan massa yang hadir dalam demo di DPD Gerindra Sumbar itu hanya sebagian dari PAC Gerindra Kota Padang saja.

"Aksi yang dilakukan ini tidak benar karena hanya sebagai upaya menghancurkan kesatuan dalam tubuh partai dan massa yang hadir ini telah dikondisikan oleh pihak tertentu dan hal ini dapat dibuktikan dengan adanya massa dari Pekat-IB," ujarnya.

Ia menyampaikan PAC Nanggalo, Padang Timur, Lubuk Begalung dan Padang Barat tidak setuju dengan mosi tidak percaya itu sehingga demo tidak dapat disebutkan sebagai bagian dari penolakan kepemimpinan Afrizal.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015