Jakarta (ANTARA News) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) siap menjalankan perintah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk menertibkan kawasan lokalisasi Kalijodo Jakarta Utara.

"Insya Allah Satpol PP siap manakala diperintahkan kapan pun melakukan penertiban," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso di Markas Polda Metro Jaya, Senin.

Kukuh menuturkan dalam rapat koordinasi di Markas Polda Metro Jaya tersebut, dipaparkan tentang potensi kericuhan saat penertiban dilakukan.

Ia pun mengatakan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya juga siap mendukung rencana Gubernur Ahok untuk mengubah Kalijodo menjadi kawasan hijau.

Terkait jumlah pasukan, ia mengungkapkan rapat koordinasi belum membicarakan kekuatan personel karena tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

Kukuh berharap pelaksanaan tahapan sosialisasi dan imbauan pengosongan rumah di Kalijodo berhasil sehingga warga bersedia pindah ke rumah susun yang disediakan Pemprov DKI Jakarta.

Kukuh juga menegaskan warga tidak dikenakan biaya untuk seluruh angkutan, pengepakan dan penggotongan barang ke rusun karena Satpol PP siap membantu.

Jumlah warga yang berada di Kalijodo wilayah Jakarta Utara maupun Jakarta Barat mencapai 300 kepala keluarga.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016