Anak-anak masa sekarang bahkan sejak usia dini lebih kreatif karena pengaruh televisi dan teknologi. Mereka mendapatkan pembelajaran yang cenderung tanpa pendampingan".
Medan (ANTARA News) - Pemerhati anak yang juga pendongeng Awam Prakoso mengatakan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan guru taman kanak-kanak dituntut untuk bisa mendongeng sebagai salah satu media pembelajaran efektif bagi anak usia nol-enam tahun.

"Mendongeng pun ada teknik dan pembagian usianya. Anak usia nol-empat tahun cukup diberikan dongeng yang sederhana hanya untuk merangsang fungsi pendengaran karena itu perlu menonjolkan intonansi, gerak tubuh, dan volume suara," kata Awam Prakoso pendiri "kampungdongeng.com" pada kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 PAUD bagi Tenaga Pendidikan si Provinsi Sumut di Medan, Senin.

Sedangkan bagi anak usia lima-enam tahun materi dongeng yang diberikan lebih pada cerita petualangan atau adventure yang biasa didominasi oleh cerita fabel atau tentang binatang.

Pada usia ini anak sekaligus menangkap maksud yang dikandung dalam cerita tersebut, misalnya tentang kebaikan atau sifat menang sendiri dan sebagainya, kata Kak Awam.

Kebanyakan guru-guru TK dan PAUD, ujar Kak Awam selama ini memberikan pembelajaran yang cenderung memaksakan kehendak guru dan ingin anak bisa menguasai dengan cepat alias secara instan.

Padahal cara dan materi yang diajarkan cenderung monoton dan berulang-ulang tanpa variasi yang mampu merangsang kreativitas anak, katanya.

Dikatakannya, selayaknya guru PAUD dan TK menyadari bahwa kondisi anak-anak zaman sekarang berbeda dengan generasi mereka dahulu.

"Anak-anak masa sekarang bahkan sejak usia dini lebih kreatif karena pengaruh televisi dan teknologi. Mereka mendapatkan pembelajaran yang cenderung tanpa pendampingan".

Kak Awam mengatakan para guru PAUD kini berhadapan dengan para saingannya/ kompetitor berupa tayangan televisi dan internet sehingga guru harus belajar metode komunikasi yang persuasif, salah satunya melalui teknik mendongeng.

"Mendongeng akan mudah diterapkan oleh guru sebab pada dasarnya semua orang suka bercerita. Modalnya hanya menguasai teknik dan berlatih terus menerus.," tambahnya.

Bimtek Kurikulum 2013 PAUD bagi tenaga pendidik bidang pendidikan anak usia dini berlangsung sejak 21-24 Maret 2016 diikuti guru, pengawas sekolah, kepala sekolah. Kegiatan bimtek akan menjangkau 200 kabupaten-kota di seluruh Indonesia pada Tahun 2016.

Pewarta: Zita Meirina
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016