Biak (ANTARA News) - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua berlangsung 22-25 April 2016 akan mempertandingkan enam kategori cabang lomba.

Ketua panitia MTQ Biak Iwan Ismulyanto di Biak, Jumat, mengatakan, enam kategori cabang lomba MTQ diantaranya cabang Tilawah Quran anak, remaja dan dewasa putra putri, tartil Quran, hifzil Quran (hafalan) satu juz dan lima juz, khath Alquran, syarhil Quran serta menulis makalah Quran.

"Persiapan pembukaan MTQ Biak telah rampung 100 persen, saya harapkan semua warga muslim serta pimpinan ormas Islam mendukung menyukseskan ajang dua tahunan lomba baca indah Alquran,"kata Iwan .

Ia mengatakan, ajang MTQ kabupaten sebagai sarana untuk menjaring qori qoriah serta hafidz hafidzah terbaik setiap cabang lomba untuk mewakili Biak pada ajang MTQ se Provinsi Papua berlangsung di Kabupaten Jayapura 2016.

Dia mengharapkan, peserta kafilah lomba MTQ perwakilan TPQ, takmir masjid serta lembaga pendidikan yang telah mendaftar menyerahkan persyaratan administrasi yang sudah ditetapkan panitia berupa akte kelahiran, surat keterangan domisili atau kartu tanda pengenal kependudukan yang berlaku.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Biak Hery Mulyana M.Si mengatakan, pada lomba MTQ 2016 tingkat kabupaten Biak Numfor telah dilakukan penyegaran pelatihan khusus dewan hakim.

"Pelatihan dewan hakim untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi dewan hakim MTQ dalam melakukan penilaian pada setiap cabang lomba MTQ," katanya

Pada pelaksanaan MTQ Biak, lanjut Hery, pembukaan akan dilakukan Bupati Thomas Ondy dan dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahman Biak .


Pewarta: Muhsidin
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016