Jakarta (ANTARA News) - Skenario film menjadi patokan satu-satunya bagi Melly Goeslaw dalam menciptakan soundtrack, apalagi "Ada Apa Dengan Cinta" di mana musik bukan sekadar pemanis.

"AADC itu sinergi film dan musiknya, sebuah kesatuan utuh," kata Melly dalam peluncuran album soundtrack film "Ada Apa Dengan Cinta 2" di Jakarta, Rabu.

Melly membaca draft akhir skenario AADC 2 dari Mira Lesmana berulang-ulang agar bisa menjiwai inti filmnya dan tercipta lagu yang tepat. "Sampai kadang saya sama pemain hafalan saya dialognya," seloroh Melly.

Dia juga banyak berdiskusi dengan produser dan sutradara untuk menyamakan persepsi sehingga ada benang merah antara film dan lagu. Proses Melly dan Anto Hoed menciptakan soundtrack simultan dengan proses pengambilan gambar.

Itu membuat semua pihak bisa mendapat masukan satu sama lain, baik dari musisi maupun sineas. Misalnya, ada dialog yang diubah agar lebih sesuai dengan lagu-lagu ciptaan Melly dan Anto. Ketika Melly membaca skenario dan Anto Hoed memikirkan musik apa yang akan dibuat, para pemain AADC 2 memulai proses reading.

Saat syuting dimulai, Melly dan Anto juga memproduksi lagu tema "Ratusan Purnama". Album soundtrack AADC 2 berisi delapan lagu, dua di antaranya merupakan versi baru dari lagu lama, yakni "Bimbang" dan "Suara Hati Seorang Kekasih".

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016