Jakarta (ANTARA News) - Pollux Habibie International meluncurkan program "Sepuluh Ribu Mata" dengan memberikan operasi katarak gratis bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan.

"Melalui program Sepuluh Ribu Mata, kami harap dapat ikut serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat," kata Komisaris Pollux Habibie International, Ilham Habibie, di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, program tersebut merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Klinik Mata dr Hasri Ainun Habibie dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI).

"Sudah menjadi komitmen kami untuk berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat Indonesia," katanya.

Dalam program tersebut, Pollux Habibie International dan Perdami akan memberikan 10.000 operasi katarak gratis bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan yang akan dimulai di Batam.

"Program ini akan diadakan pertama kali di Batam dan kemudian akan dilanjutkan di kota-kota seluruh Indonesia," katanya.

Operasi katarak, kata dia, dipilih sebagai program CSR dikarenakan angka penderitanya yang tinggi di Indonesia.

Sementara itu, operasi katarak massal tersebut akan dimulai pada akhir bulan Mei 2016.

"Program ini akan dimulai tepat sebelum dimulainya bulan Ramadhan," katanya.

Para penderita katarak, tambah dia, dapat langsung mendaftarkan diri melalui Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016