Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania Muhammad Ibnu Said menyatakan komitmen untuk terus memajukan kerja sama antara Indonesia dan Lithuania, khususnya di bidang ekonomi yang akan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Komitmen tersebut disampaikan Dubes Ibnu Said pada saat bertemu dengan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaitt, menurut keterangan pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kopenhagen yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pertemuan tersebut dilakukan di ibukota Lithuania, Vilnius dalam upacara penyerahan surat-surat kepercayaan (credentials) Duta Besar RI.

Dubes Ibnu Said juga telah menghadiri serangkaian pertemuan, termasuk dengan Wakil Menteri Luar Negeri Lithuania dan Konsul Kehormatan RI di Vilnius untuk membahas langkah konkret bersama meningkatkan hubungan bilateral.

Indonesia dan Lithuania sudah memiliki kesepakatan kerja sama ekonomi dan teknik, yang ditandatangani pada saat kunjungan resmi Menteri Luar Negeri Lithuania, Linas Antanas Linkeviius ke Indonesia pada Agustus tahun lalu.

Saat ini kedua negara tengah menjajaki kerja sama pembangunan panel surya di sejumlah area di Indonesia. Kerja sama itu diharapkan akan mendukung pengembangan potensi energi terbarukan di Indonesia.

Lithuania merupakan negara di wilayah Baltik dan salah satu anggota Uni Eropa yang memiliki keunggulan di bidang teknologi informatika, e-governance, ilmu penerbangan, ilmu pengetahuan (science), pertanian dan infrastruktur energi terbarukan.

Dalam pertemuan itu, Dubes RI mengatakan akan terus mengundang wisatawan dan juga pebisnis Lithuania untuk berkunjung ke Indonesia.

"Kami akan galakkan promosi kuliner Indonesia dan kerja sama dengan hotel di Lithuania. Orang Lithuania menyukai makanan Indonesia, terutama dari kalangan mahasiswa yang pernah studi di Indonesia," ujar Dubes Ibnu Said.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016