Jakarta (ANTARA News) - Layanan peta dan navigasi dari Google, Google Maps, kian meningkatkan kualitasnya untuk pengguna Indonesia setelah menggandeng PT Transportasi Jakarta, penyedia layanan bus Transjakarta.

Wujud kerja sama tersebut menghadirkan fitur teranyar bagi fungsi navigasi penggunaan transportasi publik, yang terdapat di kolom Transit, yakni informasi real-time mengenai kedatangan bus-bus Transjakarta di seluruh halte yang tersedia.

"Dalam beberapa tahun terakhir tim kami terus berusaha agar Google Maps semakin nyaman digunakan oleh pengguna Indonesia. Fitur informasi real-time Transjakarta ini merupakan yang pertama dihadirkan untuk kawasan Asia Tenggara," kata Direktur Google Maps Suren Ruhela di Jakarta, Kamis.

Secara keseluruhan berkat kerja sama tersebut, Google Maps kini mencantumkan informasi rute, jadwal serta waktu kedatangan bus-bus Transjakarta koridor 1-12.

"Mudahnya anda mendapatkan informasi kedatangan bus-bus Transjakarta selaiknya berada di halte langsung hanya lewat genggaman tangan semata," katanya.

Fitur informasi transportasi publik yang terintegrasi itu sudah dinikmati oleh pengguna Google Maps di kota-kota besar di dunia seperti New York, Amerika Serikat.

Kerja sama tersebut disambut baik PT Transportasi Jakarta yang meyakini fitur tersebut akan sangat membantu peningkatan kenyamanan pengguna Transjakarta.

"Kerja sama ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan Transjakarta, karena mereka dapat mengakses informasi yang akurat seputar waktu perjalanan mereka kapan saja lewat Google Maps Transit," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono.

Meski menginformasikan bahwa fitur informasi real-time kedatangan bus Transjakarta sudah menyeluruh untuk semua koridor, 1-12, namun hingga berita ini diturunkan berdasarkan percobaan awak ANTARA News fitur tersebut baru memberikan informasi real-time kedatangan bus koridor 1 saja sementara untuk koridor 2-12 masih berupa prakiraan.

Pihak Google Maps menyebut hal tersebut bisa jadi karena masih proses penyesuaian pelaksanaan hari pertama.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016