Magelang (ANTARA News) - Ratu Sirikit dari Thailand akan mengunjungi Indonesia dan secara khusus mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Prambanan di Jawa Tengah, kata Duta Besar Thailand untuk Indonesia Paskorn Siriyaphan saat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Bakorwil II Magelang, Rabu.

Ia mengungkapkan sebagian besar warga negara Thailand yang beragama Budha, mengagumi dan tertarik mengunjungi Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang itu.

"Banyak warga kami yang tertarik berkunjung ke Candi Borobudur, tapi kesulitan akses rute penerbangan yang langsung ke Jawa Tengah," aku Paskorn sembari berharap ada rute penerbangan dari Bangkok ke Surakarta karena selama ini baru ada rute penerbangan dari Bangkok ke Jakarta dan Bali.

"Saya siap mengusahakan pembukaan jalur penerbangan dari Thailand ke Jawa Tengah, tinggal sekarang bagaimana pemerintah setempat," kata dia.

Ia juga akan mempromosikan objek-objek wisatadi Jawa Tengah kepada warga negara Thailand.

Menanggapi hal ini, Ganjar menyatakan Pemprov Jawa Tengah akan menjajaki kerja sama langsung dengan Thailand pada bidang pariwisata, pertanian, dan investasi.

"Kami akan tindak lanjuti direct flight (penerbangan langsung) dari Bangkok ke Solo karena potensi (kerja sama) pariwisata dengan Thailand sangat luar biasa, apalagi 95 persen warga Thailand beragama Budha," kata Ganjar.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016