Jakarta (Antara) - Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali akhirnya datang memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua DPD RI Mohammad Saleh pada sidang paripurna luar biasa lanjutan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Pada pengucapan sumpah jabatan, Saleh berjanji memegang teguh Pancasila, menegakkan UU NRI 1945 dan aturan perundang-undangan.

Saleh juga berjanji menegakkan kehidupan berdemokrasi, berbakti kepada bangsa dan negara, memperjuangkan aspirasi daerah untuk mewujudkan tujuan nasional dan kepentingan nasional bangsa dan negara.

Setelah menyampaikan sumpah jabatan Ketua DPD RI, Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Farouk Muhammad menyelamati Mohammad Saleh, diikuti para anggota DPD lainnnya.

Sidang paripurna luar biasa ini dipimpin oleh anggota DPD tertua Maimanah Umar dari Riau dan anggota DPD RI termuda Riri Damayanti dari Bengkulu). Mereka mengucapkan selamat dan berharap Ketua DPD baru mengemban tugas dengan baik dan meningkatkan kinerja DPD.

"Pimpinan DPD terpilih dapat memimpin dan meningkatkan kinerja kelembagaan DPD dalam mengemban tugas konstitusional, untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah," kata Maimanah Umar yang kemudian menyerahkan palu sidang kepada Mohammad Saleh.

Saleh kemudian duduk di kursi pimpinan dan memimpin sidang paripurna, didampingi GKR Hemas dan Farouk Muhammad.

"Dinamika yang terjadi akan semakin meningkatkan kerjasama kita dalam memperkuat posisi kelembagaan DPD RI dalam memperjuangkan kepentingan rakyat dan daerah," kata Saleh.

Saleh berjanji akan mengajak seluruh anggota DPD untuk bersih dalam bertugas dengan berusaha menjaga keharmonisan dan menghilangkan segala friksi.

Saleh terpilih sebagai ketua DPD RI pada forum sidang paripurna luar biasa DPD RI yang dipimpin Maimanah dan Riri Damayanti, Selasa malam kemarin, sekitar pukul 20:20 WIB.

Saleh meraih suara terbanyak 61 suara, mengungguli GKR Hemas (31 suara) dan Farouk Muhammad (23 suara), dari 116 anggota DPD RI yang memberikan hak suara.

Tadinya DPD RI akan melantik Ketua DPD baru itu Selasa malam, namun Ketua MA Hatta Ali yang ditunggu kehadirannya di DPD RI hingga pukul 22:00 WIB, tapi kunjung datang sehingga pelantikan ditunda sampai hari ini pukul 10:30 WIB.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016