Milan (ANTARA News) - Gol tunggal yang dicetak gelandang AC Milan, Manuel Locatelli, berhasil memenangkan timnya atas Juventus dengan skor 1-0 dalam laga lanjutan pekan kesembilan Liga Italia Seri A di Stadion San Siro, Minggu pagi WIB.

Locatelli memecah kebuntuan pada menit 65 setelah melepaskan tendangan sentuhan pertama atas bola yang disodorkan Suso dari sisi kanan kotak penalti.

Penjaga gawang kawakan Juventus, Gianluigi Buffon, bahkan tak mampu bereaksi atas bola tendangan kencang Locatelli yang menyasar ke area tiang jauh.

Hasil itu menjadi kemenangan pertama Milan dalam sembilan pertemuan terakhir menghadapi Juventus sejak 2012 silam.

Selain itu, tim besutan Vicenzo Montella tersebut kini merangsek naik ke urutan kedua klasemen sementara dengan raihan 19 poin terpaut dua poin saja dari Juventus (21) yang berada di posisi pertama.

Hanya saja, Milan masih bisa tergusur AS Roma (16) yang baru akan menjalani laga pekan kesembilan mereka menghadapi Palermo pada Senin (24/10) dini hari WIB.

Milan sebetulnya tampil di bawah tekanan Juventus yang memiliki 59 persen penguasaan bola, namun tuan rumah tampil lebih efektif dengan dua kali menemui sasaran dalam delapan kali percobaan tembakan. Sebaliknya, dari 22 kali percobaan tembakan Juventus hanya tiga kali yang menemui sasaran. 

Selain Locatelli yang mencetak gol kemenangan, penjaga gawang Gianluigi Donnaruma patut mendapat kredit dalam keberhasilan timnya mengantongi tiga poin dengan sejumlah penyelamatan yang dilakukannya.

Beberapa dari penyelamatannya sangat krusial, termasuk memotong umpan tarik Juan Cuadrado ke dalam kotak penalti sebelum menemui Miralem Pjanic pada menit 85, meski dalam upayanya tersebut Donnaruma harus merelakan wajahnya "dicium" sepatu Pjanic. 

Wasit Nicola Rizzoli menganggap hal itu bukan kesengajaan, sehingga tak menjatuhkan hukuman apapun terhadap Pjanic yang sebelumnya sudah menerima kartu kuning pada menit 38.

Donnaruma kembali memperlihatkan diri sebagai calon penerus Buffon di tim nasional Italia, dengan menghalau tendangan jarak jauh Gonzalo Higuain pada menit-menit akhir perpanjangan waktu.

Susunan pemain kedua tim di laga tersebut seturut laman resmi Liga Italia Seri A:

AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnaruma (PG); Ignazio Abate, Gabriel Paletta, Alessio Romagnoli, Mattia de Sciglio; Juraj Kucka, Manuel Locatelli, Giacomo Bonaventura; Suso, Carlos Bacca, M'Baye Niang (Andrea Poli).
Pelatih: Vicenzo Montella.

Juventus (3-5-2): Gianluigi Buffon (PG); Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Medhi Benatia (Mario Mandzukic); Dani Alves, Sami Khedira, Hernanes, Miralem Pjanic, Alex Sandro; Gonzalo Higuain, Paulo Dybala (Juan Cuadrado).
Pelatih: Massimiliano Allegri.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016