Bengkulu (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mencatat dalam kurun Januari hingga September 2016 sebanyak 82 orang terjangkit virus HIV/AIDS di daerah itu.

"Orang yang baru terjangkit mencapai 82 orang, dan yang meninggal dunia sebanyak 16 orang," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Amin Kurnia di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan jumlah penderita HIV/AIDS di daerah ini terus meningkat dari tahun ke tahun, sejak ditemukan kasus pertama pada 2001.

Saat ini jumlah kumulatif penderita HIV/AIDS di Provinsi Bengkulu mencapai 799 orang dengan jumlah penderita yang meninggal dunia mencapai 169 orang.

Amin mengatakan penanggulangan penyebaran virus HIV/AIDS telah digencarkan pemerintah daerah sejak kasus pertama ditemukan pada 2001.

Pihaknya meningkatkan koordinasi lintas sektor, pelibatan lembaga swadaya masyarakat hingga penguatan kapasitas Komisi Penanggulangan AIDS (KPA).

"Penjangkauan sangat banyak dilakukan teman-teman dari LSM, selain kesadaran sendiri penderita untuk tes darah," ucapnya.

Saat ini kata Amin, tersedia sejumlah tempat yang menyediakan layanan konseling dan tes HIV di kabupaten dan kota.

Sebagian besar tempat layanan itu tersedia masih ada di Kota Bengkulu mulai dari RSUD M Yunus dan sejumlah Puskesmas.

"Di Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Rejanglebong tersedia di rumah sakit daerah setempat," tuturnya.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016