Jakarta (ANTARA News) - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar aksi massal membasuh kaki ibu di area air mancur, Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, pada Rabu (21/12).

"Membasuh kaki ibu bersama-sama itu merupakan bagian dari Gerakan Ibu Selamatkan Keluarga Indonesia," kata Ketua Ibu-Ibu Kwarnas Gerakan Pramuka, Mira Adhyaksa, di Jakarta, Senin.

Menurut Mira, bagi yang ingin mengikuti kegiatan yang digelar mulai pukul 08.00 WIB itu, bisa mendaftar kepada panitia.

Namun bagi yang berhalangan hadir ke lokasi, dapat melakukannya di rumah masing-masing dengan mengunduh foto di media sosial dengan tanda pagar #PramukaSayangIbu.

Kegiatan yang juga untuk memperingati Hari Ibu itu, lanjut istri Ketua Umum Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault tersebut, untuk mengingatkan pengorbanan seluruh ibu di Indonesia yang telah mengandung, mengasuh, dan mendidik anak-anak.

Sementara itu, Ketua Panitia Sari Madjid mengatakan bahwa kegiatan itu sudah menjadi tradisi Gugus Depan Pramuka.

"Ini pertama kali dilakukan secara massal oleh Kwarnas Gerakan Pramuka atas inisiatif Ketua Kwarnas (Adhyaksa Dault)," ujarnya.

Pihaknya menginginkan ada hal berbeda pada peringatan Hari Ibu tahun ini. Oleh sebab itu, dia juga berharap gerakan tersebut tidak hanya digelar di Jakarta, melainkan juga di daerah-daerah.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016