Semoga di tahun 2017 provinsi ini serta bangsa Indonesia terbebas dari berbagai aksi teror ..."
Ambon (ANTARA News) - Gubernur Maluku Said Assagaff memimpin perayaan malam kunci taong (tutup tahun) 2016 menuju tahun 2017 bersama ribuan warga di Jembatan Merah Putih (JMP) yang membentang di atas Teluk Ambon, Maluku, Minggu dinihari.

Didampingi Wakil Gubernur Zeth Sahuburua, Kapolda Maluku Brigjen Pol. Ilham Salahudin dan Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana TNI. Nur Singgih Prihartono, Assagaff memimpin perhitungan waktu mundur menjelang saat pergantian tahun bersama ribuan warga yang memenuhi jembatan sepanjang 1.140 meter itu.

Malam pergantian tahun 2017 tersebut dimeriahkan dengan letusan kembang api dilepas warga dari JMP maupun sepanjang pesisir pantai Desa Galala, Poka dan Rumah Tiga ke angkasa, sehingga membuat suasana sekitar Teluk Ambon dan JMP seketika menjadi terang benderang.

Warna-warni kembang api yang ditembakan dari beberapa sisi jembatan yang menjadi ikon kemajuan pembangunan di Maluku tersebut, menghasilkan kilauan cahaya diatas permukaan air laut di Teluk Dalam Ambon.

Ribuan warga yang tumpah ruah di sekitar jembatan yang umumnya merupakan warga dari luar kota Ambon, ikut mengabadikan kemeriahan pesta kembang api dengan menggunakan telepon genggam maupun video dan kamera profesional.

Suasana kemeriahan pesta pergantian tahun di JMP juga dimeriahkan dengan pagelaran musik yang menampilkan sejumlah artis dan penyanyi dari Jakarta maupun lokal di jembatan megah tersebut.

Gubernur Said Assagaff berharap, perayaan malam tahun baru 2017 memberikan dampak positif untuk kemajuan dan kesejahteraan Maluku serta bangsa dan negara di tahun yang baru.

"Semoga di tahun 2017 provinsi ini serta bangsa Indonesia terbebas dari berbagai aksi teror, suasana aman dan kondusif, serta maju dan jaya. Masyarakatnya semakin sejahtera," katanya.

Sedangkan, Kapolda Maluku Brigjen Pol. Ilham Salahudin berharap seluruh warga di Maluku dan terkhusus di Ambon dapat menjaga, memelihara dan meningkatkan kondisi kedamaian serta keamanan semakin kondusif dan aman yang dirasakan selama tahun 2016 di tahun yang baru.

Wakil Gubernur Zeth Sahuburua juga menyampaikan selamat tahun baru kepada ribuan warga yang memenuhi JMP serta berharap tahun 2017 membawa suasana dan semangat baru, menciptakan perdamaian, kebersamaan dan kesatuan untuk membangun Maluku yang sejahtera di masa mendatang.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017