Semarang (ANTARA News) - Aiptu Suprapto, anggota Provos Polrestabes Semarang, Jawa Tengah, selalu menggratiskan soto bagi para pelanggan warungnya yang datang setiap hari Jumat.

"Karena inikan hari berkah," kata Suprapto ditemui di warung sotonya yang berlokasi di belakang Geung Lawang Sewu Kota Semarang, Jumat.

Suprapto sendiri sudah 10 tahun berjualan soto bersama istrinya Emy Sulistiyati. Adapun untuk soto gratis setiap hari Jumat, menurut dia, sudah berjalan selama setahun terakhir.

Satu paket menu soto digratiskan bagi pelanggan Warung Soto Lawang Sewu ini setiap Jumat. Pemberitahuan soto gratis terpampang di depan kasir.

"Jadi pembeli cukup bayar minumnya saja," katanya.

Menurut dia, bagi-bagi berkah yang dilakukannya setiap Jumat ini sudah berlangsung sejak dulu. Sebelum menetap berjualan di warung, Suprapto dan istri biasa berjualan dengan cara berkeliling.

Sambil berjualan, setiap Jumat dirinya selalu membagikan nasi kotak untuk tukang becak atau tukang angkut barang di pasar.

Mengingat keterbatasan karena harus berdinas di kepolisian, ia akhirnya memutuskan untuk berjualan di satu tempat dan menggratiskan soto tiap Jumat.

Dibantu empat karyawan, 250 porsi soto ludes setiap disajikan pada hari Jumat.

"Biasanya jam 12 sudah habis, pembelinya para pegawai perkantoran, wisatawan Lawang Sewu, terus yang biasa bekerja di sekitar sini," katanya.

Berbagi berkah setiap Jumat melalui soto, diakui Suprapto, memiliki nilai tersendiri baginya dan keluarga.

Ayah empat anak tersebut merasa rezeki yang diperolehnya semakin tidak pernah kurang. Bahkan, ia mampu menyekolahkan anak pertamanya di Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang.

Keberadaan warung soto miliknya juga tidak mengganggu kewajibannya sebagai anggota polisi. Suprapto selalu meluangkan waktu untuk membantu berbelanja kebutuhan warung sebelum berangkat berdinas.


Pewarta: I.C.Senjaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017