Bandarlampung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Lampung menginginkan Bandar Udara Raden Inten II yang ada di Branti, Lampung Selatan, bisa segera menjadi embarkasi haji setelah pemda dan pengelola meningkatkan sejumlah fasilitas di bandara tersebut.

"Gubernur Lampung M Ridho Ficardo berharap pelaksanaan Bandara Raden Inten II sebagai bandara embarkasi haji di Provinsi Lampung tahun ini segera terealisasi," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Suliyanto, di Bandarlampung, Senin.

"Sesuai arahan gubernur, kita semua akan berupaya keras tahun 2017 ini terlaksananya embarkasi haji," ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa apa pun yang menjadi kendala dapat segera terselesaikan agar Embarkasi Haji tahun 2017 berjalan sesuai target.

Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan pembenahan serta penambahan berbagai fasilitas penunjang embarkasi di antaranya asrama haji dan perluasan landasan pacu bandara.

Kabid Perhubungan Udara, Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo mengatakan landasan pacu Raden Inten II sudah diperpanjang dan tinggal menunggu verifikasi dari pemerintah pusat agar bisa segera digunakan.

"Perpanjangan landasan pacu sudah selesai. Tadinya 2.500 sekarang menjadi 3.000 meter. Semoga semua kendala segera teratasi dan Bandara Raden Inten II sebagai embarkasi haji cepat terwujud," katanya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017