Austin (ANTARA News) - Mantan Presiden Amerika Serikat George HW Bush, yang telah 10 hari dirawat di rumah sakit Houston karena pneumonia, membaik dan dapat duduk, berbicara

dengan dokternya serta menjawab panggilan telepon, kata juru bicara kantornya, Selasa.

Bush (92), mantan presiden tertua negara itu, yang masih hidup, pada Senin dipindahkan dari perawatan intensif di rumah sakit Houston Methodist, tempatnya dirawat sejak 14 Januari karena sesak napas.

"Presiden Bush menjalani istirahat lebih baik lagi di Rumah Sakit Methodist Houston untuk pulih dari pneumonia," kata juru bicara Jim McGrath dalam pernyataan.

Dia tidak menunjukkan kapan Bush akan meninggalkan rumah sakit itu.

Mantan ibu negara Barbara Bush, 91, dibolehkan meninggalkan

rumah sakit tersebut pada Senin setelah dirawat untuk bronkitis. Dia dirawat pada Rabu lalu sebagai tindakan pencegahan setelah mengalami kelelahan dan batuk, katanya.

Ia mengunjungi suaminya pada Selasa, kata McGrath.

Pasangan itu merayakan ulang tahun ke-72 pernikahan mereka pada 6 Januari.

Pasangan itu sebelumnya tidak menghadiri perayaan Partai Republik untuk pelantikan Presiden Trump karena masalah kesehatan.

Dalam sebuah surat kepada presiden terpilih, Bush mengatakan ia dan istrinya akan bersama Trump dalam semangat di pelantikan dan berharap dia selalu mendapat yang terbaik.

Bush, tokoh Partai Republik, tidak mendukung Trump dalam pertarungannya untuk menghadapi calon presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, demikian Reuters.

(G003/B002) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017