Langfang, Hebei (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata RI membidik para penggemar golf di China untuk menyalurkan hobinya di beberapa lapangan golf di Indonesia yang dikemas dalam paket perjalanan wisata.

"Lapangan golf di Indonesia sangat mengesankan dengan pemandangan yang indah, dapat digunakan sepanjang tahun, dan tidak terdampak faktor cuaca. Silakan datang ke Indonesia kapan saja," kata Deputi Direktur Pemasaran Wisata Kawasan Asia-Pasifik Kemenpar, Afrida Pelitasari, di Langfang, Provinsi Hebei, Kamis.

Menurut dia, golf merupakan cabang olahraga populer di kalangan masyarakat kelas atas di daratan Tiongkok. Mengutip informasi dari Golf Digest, Afrida menyebutkan bahwa meskipun ada larangan pengembangan lapangan golf baru di China sejak 2004, jumlah penggemar golf muda saat ini telah mencapai angka 10.000. Bahkan dalam lima tahun terakhir terdapat 111 lahan padang golf di China ditutup dengan alasan melindungi sumber daya air dan konservasi lahan.

"Pembatasan tersebut tentu menjadi kesempatan bagi kami untuk membidik wisatawan China yang gemar berolahraga golf," ujarnya di sela-sela promosi paket wisata golf Indonesia di Jinghua Golf Club, Langfang, yang berjarak sekitar 57 kilometer di sebelah selatan Ibu Kota China di Beijing itu.

China merupakan negara pertama yang menjadi sasaran Kemenpar dalam mempromosikan paket wisata golf. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 penggemar golf di China yang berkeinginan menjajal lapangan golf yang tersebar dari Sumatera hingga Papua itu.

Selanjutnya Kemenpar akan menyasar para penggemar golf di Korea Selatan dan Jepang sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk mengejar taret kunjungan 15 juta wisatawan asing pada tahun ini.

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing mendukung penuh promosi paket wisata golf yang dilakukan oleh Kemenpar.

"Pangsa pasar wisatawan China sangat besar dan tentu saja bagi penggemar golf di sini. Potensi wisata golf ini bisa ditawarkan kepada para wisatawan. Kami akan memberikan dukungan yang sangat besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan penggemar golf," kata Sekretaris Ketiga Koordinator Fungsi Sosial dan Budaya KBRI Beijing, Sri Remaytin.

Pihaknya berjanji akan bekerja sama dengan semua pihak, termasuk Kemenpar untuk memanfaatkan potensi tersebut. "Indonesia bukan saja negara besar dengan ribuan pulau, melainkan juga banyak hal yang menarik ditemukan di lapangan golf di Indonesia," ujarnya.

Sepanjang 2016, jumlah wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia mencapai 1.452.971 orang atau meningkat 27,31 persen dibandingkan tahun 2015 yang hanya 1.141.330 orang.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017