Jakarta (ANTARA News) - Dua legenda bulu tangkis nasional Alan Budikusuma dan Susi Susanti memeriahkan Pekan Olahraga Angkatan Laut (Poral) Badminton Tahun 2017 yang dibuka secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, di Gelanggang Olahraga Detasemen Markas Besar Angkatan Laut Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa.

Seperti diketahui Alan dan Susi merupakan Juara Olimpiade Barcelona Tahun 1992 dan berhasil memenangkan medali emas. Bagi TNI AL digelarnya pertandingan "Poral 2017-Badminton" merupakan bagian dari pembinaan olahraga di lingkungan satuan kerja Mabesal.

Penyelenggaraan pertandingan ini merupakan upaya di dalam membina kesamaptaan personel disamping sebagai sarana rekreasi dan hiburan bagi prajurit TNI AL dan dengan kehadiran dua legenda bulu tangkis nasional tersebut dapat menambah kemeriahan dan spirit para Atlet TNI AL yang berlaga pada kejuaraan tersebut.

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, saat membuka acara Poral TNI AL bahwa, dalam kejuaraan ini menang atau kalah bukanlah tujuan utama, akan tetapi hendaknya dimaknai sebagai semangat dalam membangun kebersamaan.

"Namun demikian tetaplah bermain dengan sportif dilandasi prinsip 'fairplay' dalam menjalani setiap pertandingan demi meraih prestasi yang membanggakan," kata Ade.

Mantan Kasum TNI ini menyebutkan, melalui kegiatan ini dapat mendorong para pemain pemula untuk lebih mengeksplorasi kemampuannya sekaligus menyaring bibit-bibit baru dalam rangka pembinaan olahraga badminton TNI Angkatan Laut ke depan.

"Saya harap dapat menunjukkan semangat dan sportifitas yang tinggi, agar mendapatkan prestasi maksimal dan menjadi titik tolak pencapaian prestasi di tingkat TNI, nasional bahkan internasional," harap Kasal.

Kedatangan Susi Susanti dan Alan Budikusuma bukan saja sebagai tamu undangan tapi juga sekaligus memberikan "coaching clinic" kepada para peserta Poral 2017.

Di sela-sela acara tersebut, Susi Susanti menyatakan harapannya agar atlet bulutangkis Indonesia juga ada yang dari TNI AL karena pembinaan pemain-pemain muda terus diupayakannya untuk memajukan prestasi bulu tangkis nasional.

Acara Poral 2017-Badminton dimeriahkan dengan pertandingan ganda campuran, dimana KSAL berpasangan dengan Susi Susanti melawan Asisten Pengamanan (Aspam) Kasal Laksamana Muda TNI Agus Heryana yang berpasangan dengan Alan Budikusuma.

Pertandingan itu dimenangkan Laksamana TNI Ade Supandi-Susanti dengan skor tipis, 21-19.

Poral 2017-Badminton yang digelar lima hari sejak 17 April hingga 21 April 2017 ini mempertandingkan lima nomor yakni Tunggal Putera, Tunggal Puteri, Ganda Putera dan Ganda Puteri, serta pertandingan Ganda yang diikuti oleh Perwira Menengah TNI AL.

Para atlet yang berlaga merupakan pebulutangkis dari Mabesal, Koarmatim, Koarmabar, Kormar, Kolinlamil, Kodiklatal, Seskoal, AAL, dan Pushidrosal dengan jumlah personel 133 terdiri dari Atlet dan Official. Masing-masing nomor dibagi menjadi 2 group, dan babak penyisihan menggunakan sistim 1/2 kompetisi, dimana Juara dan Runner Up Group akan maju ke Semifinal dengan sistem silang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI A. Taufiq. R. serta para Pejabat Utama Mabesal dan para pemimpin Kotama TNI AL.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017