Jakarta (ANTARA News) - Jalan Medan Merdeka mulai dari Selatan, Timur, Utara, dan Barat tidak bisa dilalui karena macet dan penutupan jalan terkait aksi buruh pada Hari Buruh Internasional atau May Day.

Pantauan Antara di lapangan, Senin siang, buruh berdatangan menggunakan mobil, motor, bus-bus pariwisata dan bus antar kota antar provinsi yang kemudian diparkir di ruas-ruas Jalan Medan Merdeka.

Di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan aksi buruh terkonsentrasi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Kemacetan mulai terjadi di kawasan persimpangan Patung Pahlawan atau Tugu Tani seiring masih adanya arus massa buruh yang datang dengan kendaraan maupun berjalan kaki mulai dari Cikini dan stasiun Gambir.

Bus-bus sewaan yang digunakan buruh terparkir di sepanjang jalan Medan Merdeka Selatan, Timur, dan Utara.

Sementara Jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Utara ditutup dengan blokade berlapis mulai separator beton, kawat berduri, dan pagar besi tepat di depan Kementerian Dalam Negeri.

Praktis kawasan depan Istana Kepresidenan steril dari aktivitas buruh ataupun masyarakat umum selain hanya petugas gabungan.

Berbagai serikat buruh yang melangsungkan demonstrasi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat menuntut dihapuskannya sistem tenaga kerja lepas (outsourcing) dan upah murah.







Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017