Jakarta (ANTARA News) - Pantura Cirebon dilalui 221.736 kendaraan pada Minggu, sejuta orang lebih naik-turun di Stasiun Senen sepanjang Lebaran, 598 juta pemudik di China gunakan KA, kisah para penjaga gerbang tol hingga sembilan tips agar tubuh fit usai mudik menjadi lima berita kilas mudik yang layak baca.

1. Pantura Cirebon dilalui 221.736 kendaraan pada Minggu

Cirebon (ANTARA News) - Pada hari Minggu 2 Juli dari pukul 00.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB jalur pantai utara (Pantura) Cirebon, Jawa Barat, dilalui sebanyak 221.736 unit kendaraan yang mengarah ke Jakarta.

"Sampai jam sembilan malam tadi kendaraan yang menuju arah Jakarta tercatat dari pos Losari ada 221.736 unit kendaraan," kata Kapolres Cirebon, AKBP Risto Samodra di Cirebon, Minggu.

Risto mengatakan kendaraan yang melewati pantura mendominasi arah Jakarta merupakan roda dua atau sepeda motor.

Baca beritanya di sini.

2. Sejuta orang lebih naik-turun di Stasiun Senen sepanjang Lebaran

Jakarta (ANTARA News) - Lebih dari satu juta orang naik dan turun kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, sepanjang musim lebaran hari raya Idul Fitri 2017 (dari 15 Juni sampai 11 Juli), demikian data dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) menunjukkan pada Minggu.

PT KAI mencatat ada lebih dari 550.000 tiket keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, sepanjang periode tersebut. Sementara sebaliknya, ada hampir 460.000 penumpang yang akan turun di stasiun yang sama.

Periode itu menjadi acuan karena selama itu pula PT. KAI menyediakan 12 kereta tambahan untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang.

Berita lengkapnya di sini.

3. 598 juta pemudik di China gunakan KA

Beijing (ANTARA News) - Sekitar 598 juta pemudik di China diperkirakan menggunakan moda transportasi kereta api selama liburan musim panas tahun ini.

Perusahaan Kereta Api China (CRC) memperkirakan jumlah pemudik musim panas tahun ini meningkat 49,7 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya, demikian laporan media resmi pemerintah setempat yang dipantau Antara di Beijing, Minggu.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Senyum cemas penjaga gerbang tol

Purwakarta (ANTARA News) - Senyum selalu merekah dari wajah-wajah mereka saat menyerahkan uang kembalian dari para pengguna jalan tol sepanjang perjalanan mudik ataupun balik Lebaran 2017.

Panas udara serta debu-debu jalanan yang melewati jendela kaca loket tidak menyurutkan siaga mereka dari setiap golongan kendaraan yang singgah dan menyerahkan duit dari balik pintu mobil.

"Jam kerja kami tetap sama sebagaimana hari biasa. Tidak perubahan jam kerja selama arus mudik dan arus balik Lebaran ini karena jadwal sudah terbagi dalam tiga kelompok yaitu pagi, siang, dan malam," kata penjaga Gerbang Tol Cikarang Utama Pepi Sofyan sembari bersiap-siap untuk menggantikan rekannya yang masih berada di gardu.

Jam kerja para penjaga gerbang tol PT Jasa Marga terbagi dalam tiga kelompok yaitu pukul 06.00 hingga pukul 14.00, pukul 14.00 hingga pukul 21.00, dan pukul 21.00 hingga pukul 06.00. Mereka bekerja lima hari selama sepekan dan mendapatkan jatah libur dua hari.

Selengkapnya di sini.

5. Sembilan tips agar tubuh fit usai mudik

Jakarta (ANTARA News) - Sebentar lagi libur Lebaran usai, orang-orang yang mudik mulai kembali pulang ke rumah masing-masing. Tak sedikit di antaranya yang harus menembus kemacetan selama berjam-jam.

Bagaimana caranya agar tubuh tetap fit usai mudik Lebaran? Berikut adalah tips agar besok Anda siap beraktivitas secara optimal.

Baca di sini.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017