Tokyo (ANTARA News) - Nissan pada Selasa menyatakan akan memulai tes lapangan untuk "taksi robot" tanpa sopir di Jepang awal tahun depan, sementara para pesaing di seluruh dunia meningkatkan teknologi swakemudi.

Raksasa mobil sekaligus perusahaan game seluler Jepang DeNA ikut andil dalam mengembangkan layanan kendaraan tanpa sopir yang disebut Easy Ride itu menurut siaran kantor berita AFP.

Mereka berencana melakukan tes dengan partisipasi publik selama dua pekan pada Maret di Yokohama, barat daya Tokyo, menggunakan dua kendaraan listrik berkemudi otomatis yang berbasis Leaf menurut seorang juru bicara Nissan. Perusahaan itu berencana meluncurkan layanan tersebut pada 2020.

Di bawah rencana itu, pelanggan bisa menggunakan aplikasi seluler untuk memanggil mobil robot tersebut, menetapkan destinasi dan membayar ongkosnya.

Mereka juga berencana mendukung berbagai bahasa dan menggunakan sistem monitor jarak jauh guna memastikan keselamatan penumpang.

Jumlah turis asing ke Jepang mencapai rekor tertinggi menjelang Olimpiade 2020 di Tokyo.

Pada raksasa otomotif berpacu menyiapkan kendaraan otonom mereka dan kompetisi itu melibatkan inovator Silicon Valley seperti Apple, Google, Tesla dan Uber. (mu)

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017