Denpasar (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia Provinsi Bali menggelar Musyawarah Kerja Provinsi (Muskerprov) dan menyerahkan bantuan bagi solidaritas Gunung Agung.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan Mukerprov untuk membahas dan mengesahkan program kerja PMI Provinsi Bali Tahun 2018 dan sebagai sara penyampaian evaluasi pelaksanaan program kerja PMI Provinsi Bali 2017," kata ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra di Hotel Puri Nusa Indah, Denpasar, Senin.

Dalam acara itu juga dilakukan penyerahan bantuan solidaritas Gunung Agung yang diperuntukkan dalam mendukung pelaksanaan program dan kegiatan respon Erupsi gunung tertinggi di Pulau Bali itu oleh PMI.

Alit Putra mengatakan, kegiatan serah terima penggalangan dana dengan donasi yang terkumpul Rp117,4 juta itu yang diterima PMI Bali dari stasiun televisi Net.TV itu nantinya digunakan bagi kegiatan kemanusiaan diantaranya layanan solidaritas pengungsi, layanan air bersih, promosi.

Kemudian, distribusi KIE kesiapsiagaan, promosi kesehatan, bantuan paket sembako, pendampingan psikososial, pembekalan masyarakat untuk kesiapsiagaan Gunung Agung

"Mukerprov ini menjadi awal pelaksanaan perencanaan program dan kegiatan dalam peningkatan kiprah dan eksistensinya PMI Provinsi Bali di Masyarakat," katanya.

Dalam acara Muskerprov ini juga dilaksanakan penandatanganan naskah kerjasama (MOU) antara PMI dan Fajar Bali serta PMI dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

Sementara itu, Wakil Ketua I Bidang Pengembangan Organisasi PMI Provinsi Bali, dr I Gusti Lanang M. Rudiartha menambahkan, dalam Muskerprov ini yang juga dirangkaian HUT PMI Bali ke-54 juga dilaksanakan kegiatan syukuran peringatan 54 tahun PMI Provinsi Bali yang secara resmi berdiri pada 16 Desember 1963.

"Di mana pada saat itu, PMI Provinsi Bali berdiri tidak lepas dari kejadian Erupsi Gunung Agung, dimana sebuah kondisi yang sama dengan saat ini dimana Gunung Agung juga sedang erupsi," kata Gusti Lanang yang juga selaku Ketua Panitia Muskerpov Bali.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017