Pekanbaru (ANTARA News) - Sejumlah ruas jalan dan fasilitas umum di Kota Pekanbaru, Riau, tergenang banjir setelah hujan deras mengguyur pada malam tahun baru, Minggu.

Berdasarpan pantauan Antara, genangan air terlihat cukup tinggi menggenangi jalan protokol seperti Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di seberang kantor Wali Kota Pekanbaru. Bahkan, banjir juga menggenangi Ruang Terbuka Hijau Kaca Mayang yang berada ditepi ruas jalan tersebut.

Fasilitas taman kota itu terlihat sepi dan tidak seperti biasanya yang selalu ramai pada malam hari, apalagi pada menjelang pergantian tahun.

Genangan air juga terlihat di Jalan Patimura dan Jalan Beringin. Tersumbatnya saluran air diduga kuat menjadi penyebab banjir didaerah pusat kota itu.

Bahkan, genangan air cukup dalam di Jalan Beringin membuat kemacetan lalu lintas hingga simpang empat jalan tersebut.

Selain itu, banjir juga terlihat di Jalan HR Soebrantas daerah Panam. Pengendara terpaksa harus melaju perlahan melintasi genangan air.

Hujan deras disertai angin mengguyur Kota Pekanbaru pada malam pergantian tahun. Hal ini membuat jalanan terlihat sepi, tidak terlihat iring-iringan pengendara maupun konvoi warga seperti perayaan pergantian tahun sebelumnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan malam pergantian tahun menuju 2018 di Provinsi Riau akan diguyur hujan.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno, di Pekanbaru, Minggu, mengatakan kondisi cuaca pada malam hari akan cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang terjadi didaerah berjuluk "Bumi Lancang Kuning" itu.

"Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi hampir di seluruh wilayah Riau," katanya.

"Potensi hujan berpeluang terjadi sampai dini hari dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi hampir di seluruh wilayah Riau," lanjut Sukisno.

BMKG Stasiun Pekanbaru memprakirakan suhu udara di Riau pada penghujung tahun 2017 berada pada suhu 23 hingga 33 derajat Celcius. Kelembapan udara mencapai 55 hingga 99 persen, dan angin berhembus dari Barat sampai dengan Utara dengan kecepatan 09-27 kilometer per jam.

Pewarta: Febrianto Budi Anggoro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017