Baghdad (ANTARA News) - Lebih dari separuh warga Irak yang mengungsi ke bagian lain dalam negara itu karena konflik sudah kembali ke rumah mereka menurut badan migrasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis (4/1).

Pada akhir Desember, lebih dari 3,2 juta pengungsi Irak telah kembali ke rumah mereka sementara 2,6 juta lainnya masih bertahan di tempat lain menurut Organisasi Migrasi Internasional (International Organization for Migration/IOM).

Pasukan Irak telah merebut kembali sebagian besar wilayah negara itu dari kelompok ISIS sejak ekstremis tersebut merebutnya pada 2014, menyebabkan puluhan ribu orang melarikan diri untuk meyelamatkan diri.

Pada Desember, Baghdad menyatakan kemenangan terhadap ISIS setelah perang tiga tahun melawan ekstremis yang menyebabkan puluhan ribu lainnya melarikan diri.

"Perebutan kembali wilayah oleh pasukan Irak cukup signifikan, demikian juga dengan pemulihan keamanan," kata pejabat komunikasi IOM Sandra Black sebagaimana dikutip AFP.

Hampir sepertiga pengungsi dilaporkan telah kembali ke rumah yang sebagian besar atau sepenuhnya rusak, katanya.

Sekitar 60 persen pengungsi kembali ke perumahan yang tingkat kerusakannya cukup sedang. Infrastruktur lain juga terdampak pertempuran itu, dengan sejumlah warga di beberapa area melaporkan tidak adanya pasokan air atau listrik.(kn)

Pewarta: -
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018