Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengharapkan agar pembangunan di ibukota terus membaik pada tahun-tahun mendatang.

"Kami ingin supaya pembangunan Jakarta pada 2019 dan tahun-tahun mendatang lebih baik lagi. Visi kita sudah jelas, misinya juga sudah jelas. Sekarang tinggal strateginya yang harus ditegaskan," kata dia, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Untuk mewujudkan pembangunan Jakarta yang lebih baik pada 2019 mendatang, menurut dia, kerangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta 2019 harus dimatangkan.

"Strategi pembangunan itu diharapkan berlandaskan pada keadilan dan keberpihakan dengan mempertimbangkan perspektif yang tergolong lemah, misalnya kaum anak-anak, perempuan dan penyandang disabilitas," ujar Baswedan. 

Dia juga berharap agar pembangunan pada masa depan dapat mendorong Jakarta menjadi kota global yang terbuka pada perubahan serta kemajuan dunia, tanpa mengesampingkan kelestarian lingkungan.

"Dalam pendanaan pembangunan, saya ingin pihak swasta ikut terlibat melalui program sosial perusahaan. Jadi, tidak hanya mengandalkan APBD DKI Jakarta saja," tutur Anies.

Lebih lanjut, dia pun mengungkapkan, pembangunan Jakarta tidak terlepas dari peran serta seluruh warga yang harus terus-menerus ditingkatkan melalui interaksi sosial.

"Apabila interaksi sosial terus ditingkatkan, maka akan mampu memperkuat modal sosial, sehingga tumbuh kepercayaan sosial yang tinggi dan bermuara pada low cost interaction. Interaksi sosial harus terus didorong," ungkap dia.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018