Jakarta (ANTARA News) - Selain di Pondok Kelapa, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta tahun ini berencana membangun hunian DP (Down Payment/uang muka) nol rupiah di Kawasan Pusat Industri Kecil (PIK), Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, kata Kepala Dinas PRKP DKI Agustino Dharmawan di Jakarta, Minggu.

Agustino memastikan konsep hunian DP nol rupiah di PIK tidak akan sama dengan yang saat ini tengah dibangun di Pondok Kelapa.

"Hunian DP nol rupiah yang dibangun di Kawasan PIK Penggilingan itu akan memiliki delapan tower. Masing-masing tower terdiri dari lima lantai. Totalnya nanti ada sebanyak 400 unit," ujar Agustino.

Dia menuturkan pembangunan hunian DP nol rupiah di kawasan PIK itu juga akan dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menyediakan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di lokasi lain pada 2019.

"Pembangunan hunian DP nol rupiah di kawasan PIK Penggilingan itu kemungkinan bisa cepat selesai, kira-kira butuh waktu kurang dari satu tahun," tutur Agustino.

Kamis 18 Januari ini Pemprov DKI Jakarta resmi memulai pembangunan hunian untuk Program DP Nol Rupiah yang bernama Kelapa Village di Jalan H Naman, Kelurahan Pondok Gede, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Hunian ini dibangun di atas lahan milik salah satu BUMD DKI Jakarta, yakni PD Pembangunan Sarana Jaya. Hunian itu berbentuk rumah susun dengan 20 lantai dan total 703 unit hunian yang terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018