Palembang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meminta peserta Kongres Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia dapat menyikapi tahun politik 2018 yakni pemilihan kepala daerah serentak agar berjalan dengan baik dan sukses.

"Saya berharap kongres ini dapat mendukung pelaksanaan pilkada serentak 2018 agar berlangsung sukses," kata Presiden saat berbicara pada Kongres XXX dan sidang mahasiswa permusyawaratan anggota XXIX dengan tema "Membumikan Pancasila Menuju Indonesia Berdaulat" yang diselenggarakan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) di Palembang, Senin.

Oleh karena itu kepada seluruh peserta kongres untuk bijak menyikapi tahun politik 2018, agar semua pihak bersama menjaga kondusifitas wilayah.

Menurut dia, total Pilkada di seluruh Tanah Air tahun ini tercatat 171 dan itu harus berjalan sukses.

Sehubungan dengan itu pemerintah mengajak para mahasiswa menjadi kaum intelektual yang berani mengaktualkan Pancasila, ujar dia.

Presiden juga mengingatkan peserta kongres agar menjaga keberagaman bangsa Indonesia sebagai negara besar dan berdaulat.

"Jadi jika ada tumbuh benih konflik harus segera diselesaikan baik itu antarsuku maupun antarumat beragama," ujar dia.

Sebab itu, kata Kepala Negara, pembangunan infrastruktur di berbagai perbatasan menjadi hal yang cukup penting karena itu dapat menyatukan bangsa yang besar ini.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, kondusifitas wilayah Sumsel yang selalu terjaga menjadikan daerah ini dikenal dan diakui sebagai daerah "zero konflik".

Sumsel saat ini sedang membangun lima rumah ibadah berdampingan di kawasan olahraga Jakabaring Palembang. Itu melambangkan antar umat beragama di daerah saling menghormati, tambah dia.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018