Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Kolombia memperkuat komitmen mereka untuk menjajaki kerja sama bilateral di bidang kesehatan.

Keterangan pers dari Kedutaan Besar Kolombia di Jakarta pada Jumat menyatakan bahwa Duta Besar Kolombia untuk Indonesia Jose Renato Salazar telah bertemu dengan Staf Khusus Kementerian Kesehatan Prof. Dr. Akmal Taher, untuk menjajaki kemungkinan kerja sama di bidang kesehatan kedua negara.

Belum lama ini Akmal Taher memimpin tim Kemenkes RI berkunjung ke ibu kota Kolombia, Bogota, untuk mempelajari model perawatan komprehensif bagi perawatan penyakit ginjal kronis.

Dalam kunjungan tersebut, mereka berkesempatan mengadakan pertemuan dengan Kementerian Kesehatan Kolombia, Sekretariat Kesehatan Bogota, badan jaminan pemerintah untuk penyakit serius berbiaya tinggi, serta para pelaku sistem kesehatan Kolombia.

Tim Kemenkes RI dan para pelaku bidang kesehatan Kolombia bertukar pandangan tentang kemajuan sistem kesehatan dan pembiayaan terhadap penyakit berbiaya tinggi.

Sebagai hasil dari kunjungan tim tersebut, kementerian kesehatan kedua negara sepakat untuk memulai pembicaraan mengenai nota kesepahaman (MoU) untuk pertukaran ilmu dan pengalaman terkait pencegahan dan perawatan penyakit ginjal kronis dan isu-isu lain terkait penguatan sistem kesehatan kedua negara.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018