Jakarta (ANTARA News) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi menjadi peserta Pemilu 2019 setelah ditetapkan dalam Rekapitulasi Nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Sabtu 17 Februari 2018.

Menurut data KPU, PSI bahkan mencapai keterwakilan pengurus perempuan tertinggi dibandingkan partai-partai lain, yaitu 66,6 persen. Ketua Umum Grace Natalie menulis surat khusus,"Terima kasih yang tak terhingga kepada semua orang yang telah berpartisipasi dalam perjuangan ini," tulis Grace kepada anggota dan kader PSI.

Target selanjutnya adalah memenangkan Pemilu 2019. "Kita isi parlemen dengan putra-putri terbaik bangsa yang kompeten, berintegritas, dan punya visi melayani publik. Bro dan Sis, saya rasa tidak ada yang tidak mungkin selama ada niat baik dan kerja keras," kata Grace dalam suratnya.

Sekjen PSI, Raja Juli Antoni mengatakan, semua bentuk partisipasi dan kontribusi publik terhadap PSI sungguh sangat berarti. "Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang sudah bekerja dengan baik. Juga rekan-rekan media yang setia meliput dan mengabarkan pergerakan dan ikhtiar PSI dalam memperbaiki politik Indonesia," kata Toni.

Toni menambahkan, syarat pembentukan partai di Indonesia adalah yang tersulit di dunia. Banyak sekali yang meremehkan PSI ketika didirikan. Tetapi, puluhan ribu anak muda di PSI mementahkan anggapan tersebut.Semua kader merayakan hari bersejarah bagi PSI ini. Di linimasa media sosial, ramai ungkapan dan apresiasi PSI lolos sebagai peserta Pemilu 2019. Tagar #PSILolos2019 menjadi _trending topic_ di twitter.

"Selamat," ungkap Fajar Nugros (@fajarnugros), sineas muda Indonesia, dalam akunnya menyambut lolosnya PSI menuju Pemilu 2019.

Intelektual NU, Akhmad Sahal, juga turut merayakan hari bersejarah ini. "Mantap, selamat PSI," cuit Sahal.

Staf khusus Mendikbud yang juga tokoh muda Muhammadiyah, Fajar Riza Ul Haq, mengungkapkan hal senada. "Selamat ya @psi_id. Keterwakilan perempuannya 66,66%! #psilolos2019," ungkap Fajar.

Musisi dan bacaleg PSI, Giring Ganesha, mengucapkan syukur atas prestasi PSI hari ini. "Allhamdulillah!! Selamat buat semua anggota PSI di seluruh Indonesia !! #PSILOLOS2019," tulis Giring.

Peneliti Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad, pun menyampaikan selamat untuk PSI. "Wajah baru politik tanah air nampaknya benar-benar akan terwujud," tulis Saidiman di akun twitter-nya.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018