Bogor (ANTARA News) - Ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, yang terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam mencapai siaga tiga banjir.

Kepala Pelaksana Harian Bendung Katulampa Andi Sudirman menginformasikan tinggi muka air di Bendung Katulampa saat ini mencapai 140 centimeter (cm) dengan debit air yang mengalir sebesar 246,050 liter per detik.

"Pukul 17.22 WIB posisi tinggi muka air Bendung Katulampa 140 cm, status siaga tiga banjir," kata Andi.

Tinggi muka air di Bendung Katulampa telah mengalami kenaikan sejak pukul 17.12 WIB seiring turunnya hujan di kawasan hulu Puncak. Tinggi permukaan air saat itu langsung meningkat di level 120 cm.

Hingga pukul 17.22 WIB kenaikan bertambah 20 cm, menjadi 140 cm. Petugas menginformasikan ketinggian muka air Bendung Katulampa berstatus siaga tiga banjir untuk kawasan hilir Jakarta.

Petugas pintu air Bendung Katulampa terus memonitor tinggi muka air Sungai Ciliwung, kondisi saat ini kawasan Puncak masih diguyur gerimis halus.

Sementara itu kawasan Kota Bogor mulai diguyur hujan dengan intensitas sedang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor menginformasikan peringatan dini potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir untuk wilayah Jawa Barat, khususnya Bogor.

Peringatan dini berpotensi hujan lebat disertai angin dan petir diperkirakan terjadi pukul 18.00 sampai 18.30 WIB. Potensi ini terjadi di sejumlah wilayah seperti Bojonggede, Rumpin, Parung, Kemang, Gunung Sindur, Kota Bogor, Ciampea, Nanggung, Leuwiliang, Cileungsi, Pamijahan, Jonggol, Gunung Putri, Sukaraja, Dargama, Tenjo, dan Cimanggu.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018